Mengapa Ayam Makan Kerikil ??

Diposkan oleh Ega Byte on Selasa, 03 Mei 2011




Damai Sejahtera Bagi mu

apakah pernah mengamati, ayam makan kerikil?
mengais tanah padahal tidak ada cacing, biji-bijian atau makanan disana.

Benarkah ayam suka makan kerikil? Benar sekali, namun, apakah kerikil dapat membuat badan ayam menjadi gemuk? Tentu saja tidak. Kerikil adalah tanah yang membatu. Kerikil tidak mengandung zat-zat yang dibutuhkan makhluk hidup, seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Namun, kerikil dapat membantu ayam tumbuh lebih gemuk.

Makanan ayam pada umumnya adalah biji-bijian seperti beras dan jagung. Biji-bijian tersebut masih mentah dan keras. Dan sayangnya, ayam tidak bisa memasak biji-bijian agar empuk seperti yang dilakukan manusia. Namun, ayam punya cara yang unik untuk memakan biji-bijian yang keras.

Tahukah kalian, isi perut ayam yang bernama ampela? Ampela adalah alat pencernaan ayam yang bertugas menghancurkan makanan ayam. Ampela ini memiliki otot yang sangat keras untuk meremas biji-bijian. Namun terkadang ampela juga tidak kuat meremas biji yang keras. Oleh sebab itu, ayam makan kerikil. Jika ada kerikil di ampela, maka biji- bijian bisa hancur lebih halus. Bila hal ini terjadi, maka zat makanan akan lebih banyak diserap oleh tubuh ayam, dan ayam pun jadi lebih sehat dan gemuk. Kerikil terkadang terbawa keluar bersama kotoran ayam. Ajaibnya, ayam tahu harus makan kerikil lagi ketika ampela kekurangan kerikil....

ayam,,,,,,ayam,,,,, :ok

Salam Damai Selalu Dari Ega

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog Ega,silahkan tinggal kan komentar :