Damai sejahtera bagi kamu.
asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa
semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk
rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or
Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu
menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua
pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang
paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,
Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan
cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Saking
nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk
mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus
dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan
tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari
kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas
tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan
pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya,
namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi
alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan
“Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs
serupa”.
2004
Tidak kapok, pada
semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg
membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat
URL:..http://www.thefacebook.com.. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg
berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat
media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu
bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama
kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus
Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para
penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard
saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung
memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis
usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer
grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com
mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke
sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy
League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di
hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg,
McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di
sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan
Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join
venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook
secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD
200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi
sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005
ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan
pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko,
Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati
jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan
akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta,
bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak
terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar
USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan
Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai
merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel
dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email
valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007,
Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15
miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa
Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat
langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom,
Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di
Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran
akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong
Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada
Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain
telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai
Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna
Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur
berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan
ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat
berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil
pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari
iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat
profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info
pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung
dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil
pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman.
Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft
adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner.
Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat
dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet
marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang
dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan,
Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster.
Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster
mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML
dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga
semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook
memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di
antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna
mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling
mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan
‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007,
Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan,
aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang
diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook
menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006,
Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang
berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini
bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah
mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah
pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang
bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang
tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006.
Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga,
LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7
April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu
‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan
pribadi secara langsung dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’
dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling
berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan
pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan
‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis.
Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang
diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan
tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll)
memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan
“Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook
mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang
software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook.
Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga
sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah
pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Salam damai selalu dari Ega
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment
Terimakasih telah berkunjung ke blog Ega,silahkan tinggal kan komentar :