Mari belajar teknologi dari sebuah negara terkucilkan, Taiwan

Posted by Ega Byte on Sunday, June 2, 2013

Damai sejahtera bagi kamu.


Letak Geografis.

Taiwan adalah suatu negara yang terdiri dari kepulauan, terletak di pinggir tenggara daratan Tiongkok. Taiwan yang memilki nama resmi Republik Cina (Cina Taipeh) terdiri dari sekitar 80 pulau antara lain pulau Taiwan (Formosa) dan pulau-pulau di sekitarnya serta kepulauan Penghu. Luas total daratnya sekitar 36 ribu kilometer persegi.

Di sebelah utara Taiwan adalah laut Timur, di sebelah timur lautnya adalah kepulauan Liuqiu, di sebelah timurnya Lautan Pasifik, di sebelah selatannya Teluk Bashi, dan bertetangga dengan Filipina. Di sebelah baratnya berhadapan dengan Propinsi Fujian dengan terpisah oleh Selat Taiwan, jarak terdekat dengan daratan Tiongkok hanya 130 kilometer. Karena letak wilayahnya yang cukup startegis menjadikan Taiwan sebagai pusat jalur pelayaran Pasifik Barat.

Topografi dan Geomorfologi.

Luas pulau Formosa merupakan 97% dari total luas seluruh taiwan. Di pulau tersebut terdapat banyak gunung, Dua pertiga luas pulau tesebut adalah gunung dan perbukitan ,sedangkan luas datarannya tidak sampai sepertiganya.
Keistimewaan topografi pulau Taiwan adalah bagian tengah tinggi dan kedua belahnya sisinya rendah.

Iklim Dan Hasil Bumi.

Taiwan terletak di antara daerah tropis dan daerah iklim sedang, karena dilingkari laut dan terkontrol angin musim laut.
Sepanjang tahun iklimnya nyaman. Suhu rata-rata sepanjang tahun sekitar 22 derajat celsius kecuali di gunung. Di daerah umumnya sepanjang tahun tidak terlihat salju maupun embun beku, garis salju terletak di daerah setinggi 3000 meter ke atas dari permukaan laut. Di Taiwan juga banyak hujan dan sering terjadi angin Topan.

Luas hutan di Taiwan merupakan separo lebih dari luas total wilayahnya. Jika dibandingkan akan dua kali lipat dibanding luas hutan di Swiss yang terkenal sebagai "negara gunung dan hutan" di Eropa dengan deposito kayunya diperkirakan mencapai 300 juta meter kubik lebih. 

Jumlah pohon kamper di Taiwan merupakan yang terbanyak di dunia, kamper dan minyak kamper adalah hasil khas Taiwan, dengan produksinya menempati 70% produksi total dunia.

Status Politik:

Status Politik Taiwan di Mata Internasional.

Taiwan adalah gugusan pulau yang mempunyai status yang sedang dan masih dipertentangkan sampai saai ini. Sekarangpun masih tetap ada kebingungan atas nama resmi Taiwan atau Republik Cina.

Taiwan menjadi sebuah wilayah yang mempunyai syarat-syarat sebagai negara berdaulat namun tidak mempunyai kedaulatan di dunia internasional karena kurangnya pengakuan dan dukungan diplomatik.
Saat ini, negara-negara yang masih berhubungan diplomatik dengan Republik Cina berjumlah 25 negara, mayoritas adalah negara-negara kecil yang tidak mempunyai pengaruh besar di percaturan politik internasional. USA, Rusia, Jerman dan negara-negara besar lainnya, juga termasuk Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan taiwan karena hanya mengakui satu cina yaitu Republik Rakyat Cina.

Perkonomian:
Perekonomian.

Taiwan adalah negara ekonomi kapitalis yang dinamis yang berkembang dari hasil perpaduan investasi dan perdagangan dari Negara asing. Pertumbuhan nyata dalam GDP memiliki rata-rata 8% selama 3 dekade terakhir.

Tidaklah heran jika sekarang taiwan yang sebelumnya adalah negara yang menghrapkan investasi dari negara luar untuk membangun perekonomiannya berubah menjadi negara investor yang memberikan investasi kepada negara lain.. Luar biasa...

Ekspor telah tumbuh dengan sangat cepat dan telah menjadi pendorong utama bagi industrialisasi. Tingkat inflasi dan pengangguran rendah, surplus perdagangan sangat penting, dan persediaan mata uang asing merupakan yang ketiga terbesar dunia.

Pertanian menyumbangkan 3% dari GDP, turun dari 35% pada 1952. Industri tradisional yang membutuhkan banyak tenaga kerja secara stabil dipindahkan ke luar dan digantikan dengan industri berpusat pada modal dan teknologi. Taiwan telah menjadi investor utama di RRC, Thailand, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

Pasaran pekerja yang semakin meluas telah mengakibatkan masuknya pekerja asing, baik yang legal maupun ilegal. Karena pendekatan keuangan yang konservatif dan kekuatan berbisnisnya, Taiwan menderita lebih sedikit dibandingkan tetangganya dalam krisis finansial Asia pada 1998-1999.

Di Indonesia, taiwan tidak memilki kedutaan besar, hanya diwakili Kantor Perwakilan dan Perdagangan Taiwan (TETO) . Dan hampir diseluruh dunia, taiwan belum memliki kedutaan besar karena hubungan politisnya dengan cina daratan (RRC), Namun kini taiwan menjadi negara yang sangat maju teknologinya, dimana produk-produknya merambah kawasan dunia.

Untuk menjadi salah satu negara maju dalam bidang ekonomi dan teknologi, tentu saja tak semudah membalik telapak tangan. Cheryl Tseng, Direktur Jenderal Departmen Perencanaan Ekonomi mengatakan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui Taiwan.

Diawali pasca perang tahun 1946-1952. Kala itu Taiwan melakukan rekonstruksi ekonomi. “Pada 1953, kami memiliki perencanaan pembangunan ekonomi empat tahunan,” kata dia di depan peserta Taiwan Study Camp for Future Leaders.

Kata kunci dari perencanaan ini adalah holistik, kontinyu, konsisten, dan berorientasi global. “Kami punya tujuan, meski sangat sulit untuk menebak apa yang akan terjadi,” kata dia.

Sampai tahun 1953, dia menjelaskan, perekonomian bertumpu pada sektor agrikultur, kehutanan, perikanan, dan kerajinan tradisional. Sementara pada tahun 1953-1960, diprioritaskan pada industri substitusi impor. 
“Namun, kendala saat itu, daya serap pasar sangat rendah. Saat ini saja penduduk Taiwan 23 juta, saat itu hanya sekitar 10 juta,” kata Cheryl.
“Pabrik memproduksi barang, tapi jika tak terserap pasar lokal, ini jadi masalah. Lalu orientasi berubah ke ekspor barang,”kata dia.

Lalu, pada 1961-1980, pemerintah mulai menggenjot industri berorientasi ekspor, industri berat dan kimia. Kemudian pada periode 1981-1990 beralih ke industri teknologi berteknologi tinggi (hi-tech) untuk pasar global. Namun, kala itu Taiwan hanya fokus ke manufaktur.

Pasca tahun 1991, Taiwan mulai mengembangkan ekspor produk berteknologi tinggi juga mengembangkan industri layanan (service industry) untuk meningkatkan nilai tambah. 
“Tantangan terbesar untuk saat ini adalah bagaimana agar pertumbuhan ekonomi bisa dirasakan merata untuk semua orang,” kata dia.

Kendati telah maju, Cheryl mengatakan, Taiwan bukan berarti tak punya masalah sama sekali. Yang paling nyata adalah, ketimpangan struktur demografi. Lebih banyak orang tua dari pada anak muda. “Populasi kami tumbuh sangat lambat, bahkan negatif.
Akibatnya, kaum muda memiliki beban berat, tanggung jawab untuk mengurus orang tua,” kata dia.

Ini juga akan berpengaruh untuk masa depan Taiwan. “Ini isu yang serius, terkait keamanan dan stabilitas negara. Saat ini pemerintah sedang berusaha mendorong warga untuk memiliki lebih banyak anak,” kata dia. 

Tantangan lain, Taiwan juga memerlukan lebih banyak investasi dan menstabilkan relasi dengan China.

Pertumbuhan ekonomi.

Setelah hampir lima dekade kerja keras dengan manajemen "sound economic" nya, Taiwan telah mengubah dirinya dari sebuah pulau yang terbelakang, berpusat pada pertanian menjadi kekuatan ekonomi yang memimpin dalam produksi barang teknologi-tinggi. 

Taiwan sekarang ini merupakan ekonomi kreditor, memegang salah satu persediaan mata uang asing terbesar di dunia dengan lebih dari AS$100 milyar pada 1999. Krisis finansial Asia tidak memengaruhi pertumbuhan ekonominya yang tumbuh sekitar 5% per tahun, dengan nyaris seluruh penduduknya bekerja dan inflasi rendah. 

Populasinya juga telah menikmati pendapatan per tahun rata AS$13.152 pada 1999.
Pada tahun 1960-an, investasi luar negeri di Taiwan telah menolong memperkenalkan teknologi modern, membutuhkan banyak tenaga kerja dan membuat Taiwan menjadi eksportir utama produk barang-barang tersebut.

Pada 1980-an, fokusnya berubah ke teknologi tingkat tinggi, dan membutuhkan banyak modal untuk ekspor dan menuju ke sektor pelayanan yang sedang berkembang.

Taiwan telah mengubah dirinya dari sebuah negara penerima bantuan AS pada 1950-an dan awal 1960-an menjadi penyumbang bantuan dan investor asing utama, terutama di Asia. Investasi swasta Taiwan di RRC telah mencapai lebih dari $30 milyar, dan Taiwan juga telah menginvestasikan jumlah yang kira-kira sama di Asia Tenggara.

Perdagangan asing telah menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Taiwan yang cepat selama 40 tahun terakhir dimana Ekonomi Taiwan tetap berorientasi-ekspor. Jumlah perdagangan total telah meningkat lebih dari lima-kali lipat pada 1960-an, menjadi hampir 10 kali-lipat pada 1970-an, dan dua kali-lipat pada 1980-an. 

Komposisi ekspor juga berubah dari hasil pertanian menjadi barang industri. Sektor industri elektronik merupakan sektor terpenting dari ekspor Taiwan dan merupakan penerima terbesar dari investasi A.S. Taiwan menjadi anggota World Trade Organization (WTO) sebagai "Wilayah Bea terpisah Taiwan, Penghu, Kinmen dan Matsu" pada Januari 2002.

Lalu Bagaimana dengan Indonesia?.

Perencanaan pembangunan ekonomi ala Taiwan mengingatkan kita pada rencana pembangunan lima tahun ala Orde Baru. Menurut peneliti ekonomi, Dhani Agung Darmawan, perencanaan pembangunan ekonomi juga dilakukan Indonesia. Ada jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

“Taiwan juga melakukan reformasi agraria, pengaturan kelahiran, seperti yang dilakukan Indonesia,” kata dia. Untuk Indonesia, tahapan pertama dimulai tahun 1969, Pelita I. "Jika Taiwan dalam tahap tinggal landas pada 1991, kita baru tahun 1994-1999 atau Pelita VI. Namun, krisis ekonomi di Indonesia membuat program ini tidak berjalan,” kata dia.

Lalu, mengapa Taiwan bisa maju sementara Indonesia belum?
Ada beberapa faktor yang membedakan. “Kondisi sosial ekonomi yang berbeda, juga geografis. Indonesia memiliki belasan ribu pulau dengan penduduk besar, 203 juta, sementara Taiwan hanya 23. Angka pengangguran dan inflasi di Indonesia lebih tinggi, sementara ekspor rendah,” kata dia. Juga perbedaan kualitas sumber daya manusia.

Dan yang tak kalah penting, “di Taiwan setiap kali pemerintahan berganti, visi dan misi sama, program terus berlanjut, ini yang berbeda dengan Indonesia.”

Dhani menambahkan, di Taiwan juga terjadi harmonisasi antara program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.”Sementara di Indonesia, masih menghadapi persoalan korupsi, inefisiens anggaran, juga masalah regional,” kata dia.

Otonomi daerah, di mana kekuasaan yang tadinya sentralistis di desentralisasikan, justru di sisi lain menimbulkan efek samping negatif, program holistik dan kontinyu tak terjadi, masing-masing daerah hanya mengedepankan kepentingannya. “Atau dalam bahasa orang politik, kita tidak punya identitas kebangsaan yang kuat dan tak memiliki misi besar yang jelas.”


Ni,,list produk-produk jebolan taiwan yang mungkin detik ini sedang kalian pakai atau kalian punya..mari simak 1/1..tinggal cocokin ja barang nya dengan punya kalian.
Acer Inc.
Acer merupakan sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi.

ASUSTeK Computer Inc.
Asustek Computer, Inc. sering disebut ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte.

Asus pada 2005 menjual papan induk lebih banyak dari perusahaan lainnya, termasuk 30 juta pada 2004. Angka ini termasuk kontrak merek lain. Asus juga memproduksi komponen untuk perusahaan lain, termasuk PS2 Sony dan Apple Ipod, iBook, dll

Advanced Intelligent Personal Technologies (AIPTEK).
Aiptek merupakan produsen peralatan digital antara lain kamera digital dan tablet digital.
Pada tahun 2000, AIPTEK berhasil meraih reputasi dunia dengan meluncurkan kamera digital berukuran pena yang pertama di dunia.

A-Data.
A-Data telah meraih reputasi luar biasa sebagai “produsen modul memori terbesar kedua di dunia dan pemasok memori flash terbesar keempat.

Apacer.
Produsen memori komputer and pruduk-produk yang berbasis memory serta mp3 players

ASRock.
Produsen Computer & Peripheral Equipment antara lain motherboards, IPCs, and HTPCs.

AverMedia

Avision

BenQ, (Bringing Enjoyment ‘N’ Quality to Life)
BenQ adalah adalah perintis terkemuka dunia di era konvergensi digital, dengan filosofi uniknya “Enjoyment Matters” (kegembiraan adalah yang terpenting). 
Produknya antara lain Notebook dan LCD

Carnation

Cashido

Chimei

CyberLink
Produsen digital software, salah satunya produknya Cyberlink PoweDVD

C-Media Electronics
Adalah produsen processors untuk PC audio, USB storage, wireless, audio devices.

Corsair
Merupakan perusahaan alisansi USA dan Taiwan.
Walau secara nyata berkantor pusat di California, USA. Corsair dirakit, diproduksi, diuji dan dikemas di Taiwan untuk berbagai produk seperti DRAM, power supply, USB flash drive (UFD), CPU, memori, cooler, casing komputer, solid-state drive (SSD), dan speaker

D-Link.
Produsen yang bergerak pada industri komunikasi jaringan. AwaInya D–Link dikenal sebagai Datex Systems Inc. hingga perusahaan mengubah namanya menjadi D–Link Corporation pada 1994 ketika perusahaan menawarkan saham ke publik dan menjadi perusahaan jejaring pertama di Bursa Efek Taiwan. Nama D–Link, yang punya implikasi “data–link,” telah memposisikan dirinya sebagai pakar dalam menyampaikan solusi konektivitas terbaik.

Selama lebih dari dua dasawarsa, D–Link telah memperoleh pengakuan global atas desain produk, kinerja dan inovasi. Produk–produk konsumen D–Link sudah terkenal di seluruh dunia sebagai merek komunikasi teratas untuk usaha kecil dan pasar jejaring rumah. 

Dopod.
Produsen Windows Mobile Smartphone.

Edimax

Enermax.
Enermax adalah produsen Compute & Peripheral Equipment, diantaranya kipas (merk Staray), casing komputer untuk pengguna mainstream, PowerSupply, dan pendingin 
Sekarang Enermax juga merambah bidang perangkat input dan storage.

ECS.
Produsen Computer & Peripheral Equipment, salah satunya Motherboard.

Foxconn.
Foxconn adalah perusahaan multinasional yang berlokasi di Taiwan yang membuat komponen elektronik terbesar di dunia, termasuk pencetakan papan sirkuit.
Foxconn adalah yang ada di balik begitu banyak gadget. Hampir semua perusahaan besar menggunakan jasa Foxconn untuk memproduksi komponen yang mereka inginkan. Maka, tidak mengherankan kalau perusahaan tersebut memiliki kekayaan yang luar biasa besar.

Produk yang terkenal diproduksi Foxconn termasuk iPhone dan iPad. Foxconn adalah eksportir terbesar di China dan eksportir 
terbesar kedua di Republik Ceko.

Genius .
Produsen periperal computer seperti pc kamera, mouse, speaker camera digital dll.

Gigabyte.
Produsen yang bermain di Computer & Peripheral Equipment, terutamanya Motherboard.

HTC.
HTC Corporation adalah produsen smartphone dan tablet asal Taiwan. Perusahaan ini awalnya membuat smartphone yang sebagian besar didasarkan pada sistem operasi Microsoft Windows Mobile sebagai perangkat lunaknya, namun pada tahun 2009 itu mulai bergeser ke arah perangkat berbasis pada OS Android besutan Google.

HTC juga merupakan anggota Open Handset Alliance , sekelompok produsen handset dan operator jaringan mobile yang berdedikasi untuk memajukan Android sebagai platform perangkat mobile. 

Lite-On
Produsen electronik, termasuk LEDs, semiconductors, computer chassis, monitors, motherboards, DVD, CD devices, dan kompnonen elektronik lainnya

MSI.
Produsen Computer & Peripheral Equipment dan Notebook

Ritek.
Ritek adalah salah satu pabrik media optik terbesar di dunia. Ritek adalah salah satu produsen Merk DVD Maxell. Dengan Kualitasnya GRADE A dan hasil burn yang sangat baik.
Selain sebagai produsen media optic juga memproduksi flash memory, MP3 players, OLED displays dan plastik.

Realtek
Realtek Semiconductor Corp, produsen Ethernet Controller & AC’ 97 Audio Codec.

SIS
Silicon Integrated Systems Corp, (SiS) adalah sebuah perusahaan IC desain terkemuka di dunia . Perusahaan mengabdikan upaya solusi canggih SoC untuk memenuhi berbagai aplikasi untuk era digital. Produk yang telah banyak diterapkan dalam perangkat sentuh dan tablet, HDTV, TV internet, portabel CE, komputer pribadi dan disesuaikan layanan SoC desain. Kami berharap untuk menawarkan sentris lebih user dan inovasi yang lebih hijau untuk memenuhi visi kehidupan digital.

Thermaltake.
Thermaltake Technology Co, Ltd adalah produsen casing PC, power supply dan cooler. Markas utamanya terletak di Taipei, Taiwan dan Thermaltake memiliki beberapa fasilitas manufaktur di China, termasuk sebuah pabrik besar di Dongguan yang juga bersertifikat ISO-9001 .

Trendmicro
Trend Micro bergerak dalam bidang keamanan konten internet dan manajemen ancaman, salah satu produk terkenal nya Anti virus Trend Micro PC-Cilin.

TRANSCEND.
Berdiri pada 1988, Transcend Information, Inc. (Transcend) merupakan pemimpin terdepan di dunia dalam bidang desain dan manufaktur modul memori, kartu memori flash, flash drive USB, pemutar MP3, harddrive portabel, produk multimedia, dan perangkat penyimpanan lainnya.

TSMC.
Kepanjangannya adalah Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, merupakan foundry semikonduktor terbesar di dunia, dengan kantor pusat dan operasi di Taiwan.

VIA Technologies.
VIA Technologies adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi chipset papan induk, CPU, dan memori komputer, dan merupakan bagian dari Formosa Plastics Group. Dia merupakan produsen independen dari chipset motherboard terbesar dunia.

UMAX Technologies
Prudosen produk computer diantara nya scanners, mice, and flash drives.


hahahaha,,,,capek g baca nya???? banyak banget kan?????.....Semoga negara kita mau berbenah khusus nya buat mereka yang duduk di pemerintahan.

Salam damai selalu dari Ega

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke blog Ega,silahkan tinggal kan komentar :